Home » » Mencari Jenis Burung Kenari Baru

Mencari Jenis Burung Kenari Baru

Kawin silang antara jenis-jenis kenari yang masing-masing mempunyai keunggulan merupakan salah satu cara untuk selalu meningkatkan mutu kenari. Perpaduan keunggulang tersebut diharapkan dapat diwarisi oleh keturunan yang dihasilkan.

Untuk menghasilkan kenari yang mempunyai kualitas baik, cerdas (mudah dididik), dan tidak mudah nglender (kembali ke suara kenari), kenari frill bisa digunakan sebagai salah satu induknya. Bisa menjadi induk jantan ataupun betina. Pasangan kawing silangnya bisa dipilih dari jenis kenari yorkshire, border, waterslager, norwich, fusan, ataupun jenis lain yang diakui mempunyai kelebihan dibidang suara.

Bila peternak menginginkan postur yang baik dan suara yang bagus, yorkshire bisa digunakan salah satu iduknya. Kenari jenis ini  memang ukurannya lebih besar, tetapi bentuknya sangat ideal  sebagai penyanyi, yaitu bertubuh ramping dan tegak dengan gelembung suara yang besar. Ciri khas yang dimiliki keturunan yorkshire biasanya di bagian punggung agak bungkuk dan pangkal ekor bagian bawah memiliki bulu halus yang cukup tebal.
Untuk mendapatkan keturunan dengan postur dan suara yang bagus, yorkshire bisa dikawinkan dengan : border, waterslager, frill, goldvink, norwich, atau fusan.

Black throat yang kini banyak dijadikan andalan untuk master kenari, membuat penggemar untuk menyilangkannya dengan kenari. Kenyataannya, meski ukuran black throat relatif lebih kecil dibanding kenari, persilangannya sudah banyak berhasil. Bahkan, blackken – hasil persilangan black throat (jantan) dengan kenari (betina)- sangat bagus dan mudah dididik, terutama jika masternya menggunakan black throat.

Yorkshire bisa pula digunakan sebagai induk bila peternak menginginkan kenari bersuara bagus dan berbulu indah. Hanya saja sebagai pasangannya adalah kenari-kenari yang memiliki aneka warna bulu seperti merah, hijau, kuning, dan putih. Jika dikawinkan keturunannya berwarna bont (belang), perpaduan dari warna bulu kedua induknya. Sementara dari segi suara tetap mewarisi suara yorkshire yang dikenal bersuara kristal serta mempunyai aneka irama dan lagu.

Kawin silang ternyata bisa melahirkan jenis-jenis kenari yang baru. Hanya saja karena kurang dilakukan pencatatan secara rapi sehingga sulit untuk dilacak asal-usulnya. Demikian akibat ketidakseriusan peternak Indonesia, keberhasilan kawin silang tersebut belum bisa dikatakan melahirkan jenis baru. Sebab belum bisa menghasilkan keturunan yang sama jika jenis tersebut diternak kembali.

Sementara hasil kawin silang peternak-peternak luar negeri yang mendapat pengakuan, misalnya yorkshire (hasil persilangan antara kenari lancashire dan belgia), gloster corona (hasil persalingan norwich dan border), dan crested (hasil persilangan antara kenari norwich dan lanchashire) sudah mampu menurunkan anakan yang sama dengan induknya jika dikawinkan dengan sesama jenisnya.
Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Kenari Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger