Home » » Kandang ternak burung kenari

Kandang ternak burung kenari

Untuk mendapatkan keturunan kenari yang bagus dan sesuai dengan yang diinginkan dapat dilakukan melalui beternak bibit-bibit unggul atau dengan jalan kawin silang. Secara umum untuk mendapatkan keturunan kenari dapat dilakukan melalui proses dan teknik beternak kenari. Berikut ini beberapa penunjang untuk beternak kenari dan syarat yang harus dipenuhi.

1.         Kandang

Kandang merupakan faktor yang vital untuk beternak kenari. Fungsinya tidak hanya untuk mencegah lepasnya burung yang akan diternak. Bentuk, ukuran, dan penempatan kandang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan beternak. Segala kemungkinan pengaruh kegagalan yang diakibatkan dari kandang harus dihindarkan.

Pada prinsipnya beternak kenari boleh dibilang relatif sangat mudah, tidak harus di kandang khusus, di sangkar pun kenari mau berkembang biak.

a.         Sangkar

Sangkar yang digunakan untuk beternak kenari, biasanya berukuran lebih besar dibanding dengan sangkar untuk memelihara kenari dewasa pada umumnya. Dengan beternak dalam sangkar, penjemuran menjadi lebih mudah. Keberhasilan burung beserta sangkarnya pun lebih terjaga.

b.         Kandang besar

Kandang besar sebenarnya merupakan kandang umbaran. Biasanya digunakan untuk ternak masal dengan melepas beberapa ekor jantan dan betina. Beternak semacam ini kurang menguntungkan dari segi kualitas karena mereka bebas memilih pasangan. Kandang semacam ini lebih cocok digunakan untuk melepas anakan yang baru dipisah dari induknya agar lebih leluasa beterbangan. Jadi, kandang besar tidak tepat untuk mengawinsilangkan kenari karena hasilnya belum tentu sesuai dengan yang diinginkan.

c.         Kandang kotak

Kandang berbentuk kotak ini sangat tepat untuk menernakan kenari dengan sistem kawin silang. Mengingat bentuk kandang ini hampir sama dengan sangkar, hanya dibuat lebih permanen dan didesain hanya untuk sepasang kenari. Kandang ini biasanya di buat bersap-sap dan terbagi menjadi berkotak-kotak kecil yang berdampingan untuk beberapa pasang kenari yang akan diternakan.

Ukuran kandang ini harus ideal --- tidak harus kecil dan tidak harus terlalu besar --- setiap kotak berukuran lebar 35-45 cm, panjang 45-60 cm, dan tinggi 40-50 cm. Dalam satu kandang bisa terdiri dari lima kotak hingga sepuluh, bahkan lebih.
Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Kenari Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger