Home » » Syarat untuk kandang burung kenari

Syarat untuk kandang burung kenari


Selain bentuk, yang paling utama untuk diperhatikan adlah kandang tersebut memenuhi syarat atau tidak. Untuk itu, berikut ini diulas beberapa persyaratan yang memenuhi standar untuk beternak kenari dengan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan.

a.         Aman

Kenari yang siap untuk diternak dan ditempatkan di kandang harus merasa aman baik dari gangguan manusia atau binatang lain. Kenari pada umumnya memang tidak takut dengan manusia. Namun, lebih baik dijauhkan dari keramaian anak-anak barmain dan binatang yang suka mengganggu, misalnya kucing, anjing, dan hewan peliharaan lainnya.

Sementara untuk menghindari semut sebaiknya penempatan kandang tidak menempel pada dinding maupun tumbuhan yang ada disekitarnya. Demikian pula, bagian bawah (kaki kandang) harus diberi air atau dililit kain yang selalu dibasahi dengan minyak atau oli. Untuk menghindari serangan nyamuk, sekeliling kandang dapat ditutup dengan kawat kasa (kawat nyamuk).

b.         Sarang

Kenari yang dipelihara jelas tidak bisa mencari bahan sarang sendiri. Untuk itu, dalam kandang perlu disediakan sarang. Sarang kenari dapat terbuat dari anyaman rotan yang banyak dijual pasar burung. Di dalamnya kemudian diberi serat nanas atau serat goni. Setiap beternak sebaiknya sarang dbersihkan dan serat-serat yang ada diganti dengan yang baru. Jika tidak diganti bisa ditempati kutu yang dapat menyerang anakan kenari maupun induknya.

c.         Tempat makan dan minum

Tempat makan dan minum harus tersedia. Supaya makanan dan minuman kenari tidak mudah tercemar dengan kotoran yang  ada, sebaiknya bentuk tempat makan agak tertutup. Begitu pula  tempat minumnya.

Makanan sayur atau hijauan bisa diberikan semacam jepitan untuk menggantung. Hal ini dimaksudkan agar penggantiannya lebih mudah dan tidak tercemar dengan kotoran kenari itu sendiri. Selain itu, harus juga diberikan tempat atau semacam bak plastik atau ngasin.

d.         Tenggeran

Tenggeran dalam kandang juga diperlukan. Penempatan tenggeran ini biasanya diletakkan sejajar dengan penempatan sarang. Bentuk tenggeran sebaiknya tidak terlalu bulat dan kecil. Bisa berbentuk kotak dan cukup untuk cengkeraman kenari. Bentuk yang demikian bisa memudahkan kenari melakukan perkawinan.
Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Kenari Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger