Home » » Pemeliharaan burung kenari setelah disapih induknya

Pemeliharaan burung kenari setelah disapih induknya

Setelah berusia 25-30 hari anakan kenari sudah mulai bisa makan sendiri dan disapih dari induknya. Oleh karena itu, sebaiknya pada usia ini anakan kenari dipindahkan ke tempat lain. Meski sudah bisa makan sendiri, anakan kenari ini belum pandai dan terbiasa makan sendiri. Peternak pun masih  harus tetap menyuapi setiap saat dengan makanan serupa saat dalam asuhan induknya.

Saat menyuapi diusahakan tidak terlalu kenyang, tetapi juga jangan terlalu sedikit. Hal ini dilakukan agar anakan kenari yang mulai makan sendiri tetap mau makan di tempat yang disediakan. Dengan demikian, ia terlatih untuk makan sendiri tanpa bantuan pemilik. Di samping makanan halus,  anakan pada usia ini bisa pula disediakan makanan bentuk biji-bijian seperti canary seed, millet, jewawut, atau ditambah sayur-sayuran seperti selada, gambas, atau parutan wortel.

Selain makanan, pemberian air minum pun harus diperhatikan. Usahakan air minum diganti setiap hari. Gunakan air matang tau air mineral. Setiap dua hari sekali air minum bisa ditambahkan dengan AD-Plek 2-3 tetes.

Pada kondisi cuaca dingin atau malam hari, untuk menghangatkan lingkungan kandang dapat dibantu dengan menggunakan bola lampu sekitar 5-20 watt yang diletakkan di luar kandang.
Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Kenari Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger